zwani.com myspace graphic comments

26 Juli 2013

Group Pada Objek

Dalam membuat desain gambar, tentunya kita akan banyak menemui objek-objek, karena suatu gambar biasanya terdiri dari beberapa objek. Setiap objek memiliki senyawa sendiri, atau dengan kata lain berdiri sendiri-sendiri. Contohnya kita membuat dua buah objek pada areal kerja CorelDraw, sebut saja objek A dan B. Ketika objek A kita pindah posisinya maka objek B tidak akan mengkituti atau tidak mengalami perubahan apapun, begitu pula dengan perintah yang  lainnya, seperti pewarnaan objek dan sebagainya.
Untuk menyatukan beberapa objek menjadi satu bagian atau menjadi satu senyawa kita bisa menggunakan fasilitas Group. Ada 2 cara untuk melakukan proses ini, yaitu:

Pertama. Pilihlah path pertama dan path kedua, kemudian berikan perintah Objek>>Group atau shortcut Ctrl + G. Selanjutnya dari objek yang sudah digroup tambahkan path berikutnya, lalu group dengan cara yang sama. Demikian seterusnya hingga keseluruhan objek di group. Cara ini mempunyai tingkat proteksi yang tinggi terhadap keutuhan bentuk objek secara keseluruhan.

Kedua, pilihlah keseluruhan path dalam gambar dengan menggunakan seleksi dengan menggunakan Pick Tool, setelah itu berikan perintah Ctrl + G. Cara kedua ini tingkat proteksinya rendah, karena dengan satu kali perintah pembatalan gropu maka keseluruhan path akan mudah terurai

Melepas Ikatan Group / Ungroup

Untuk melepaskan ikatan group agar objek yang di group kembali terpisah, caranya cukup mudah yaitu dengan melakukan perintah Ungroup atau shortcutnya Ctrl + U. Jika objek di group dengan cara pertama seperti diuraikan diatas, yaitu objek di group secara bertingkat, maka untuk melepaskan secara cepat lakukan perintah sebagai berikut : pilih objek tersebut, lalu gunakan perintah Arange>>Ungroup All, maka hasilnya keseluruhan path akan terurai.

0 komentar:

Followers

BAGI SISWA SMAGRISA, JANGAN LUPA POSTING ARTIKEL KALIAN KE BLOG MASING-MASING, KARENA ARTIKEL TERBAIK DALAM SETIAP BULAN AKAN MENDAPATKAN BINGKISAN MENARIK. SETELAH POSTING ARTIKEL JANGAN LUPA MELAPORKANNYA LEWAT SHOUTBOX BLOG INI.

Backlink Award

  ©Template by Dicas Blogger.