zwani.com myspace graphic comments

14 Oktober 2008

Begitu pentingkah sebuah tulisan "indah"?

Gambar diatas adalah tulisan salah satu siswa saya kelas XI atau 2 SMA,
bagaimana tanggapan anda ?

Menulis merupakan pekerjaan seorang pelajar sehari-hari, walaupun dalam kegiatan belajar disekolah tidak selalu identik dengan kegiatan menulis, tetapi tulisan sering dikaitkan dengan tingkat pendidikan seseorang. Mungkin anda masih sering mendengar kata-kata seperti ini dilingkungan sekitar anda ?, "Kamu ini lulusan SD atau SMA, kok tulisanmu seperi benang kusut ?", banyak orang yang menganggap bahwa tulisan merupakan cermin dari keperibadian seseorang.

Begitu pentingkah indah dan tidaknya tulisan seorang pelajar? Lalu bagaimana dampakya terhadap prestasi belajar siswa dikelas ? Tentu sulit untuk mencari jawaban yang tepat, namun saya akan mencoba memberikan satu jawaban yang mungkin bisa saja bagi anda tidak tepat. Bagi saya keharusan menulis indah sangat diperlukan, seorang siswa suatu saat mungkin akan dihadapkan pada situasi dimana menulis indah sangat diperlukan, contohnya dalam hal membuat surat lamaran kerja secara tertulis. Banyak sekali orang yang membuat surat lamaran kerja minta di buatkan oleh orang lain, karena merasa tidak percaya diri dengan tulisannya. Lalu bagaimana dampak terhadap prestasi belajar siswa dikelas ? dari penelitian kecil-kecilan yang saya lakukan di 5 kelas yang saya ajar, kebanyakan siswa yang tulisannya saya anggap tidak indah atau bahkan saya anggap jelek, mempunyai prestasi belajar yang bagus dikelas, sehingga dapat disimpulkan bahwa indah dan tidaknya tulisan seseorang tidak mempengaruhi prestasi akademik.

Lalu siapa yang bertanggungjawab mendidik siswa agar dapat menulis dengan indah ? Mungkinkah guru SMA seperti saya mengajari kembali cara menulis seperti di TK atau SD ? guru-guru TK dan SD dalam hal ini memiliki peran dan tanggungjawab yang lebih besar, karena pada usia itulah anak diajarkan menulis, tetapi akan lebih baik jika guru-guru di SMP dan SMA terus menekankan kepada siswa agar belajar menulis yang indah dan rapi. Peran orang tua dirumah juga sangat diperlukan.


2 komentar:

Nia 15 Oktober 2008 pukul 00.02  

bener pak guru....pelajaran menulis adalah tggung jawab guru di TK dan SD...untung tulisan tanganku bagus heheheh...tapi kalo tulisannya jelek kayak yg di posting itu gmn yaa?? apa gurunya gak kesulitan membacanya??? kalo aku dah malas lihatnya apalgi bacanya hihihhi...abis tulisannya kayak cakar ayam...btw itu tulisan murid ce/co??? biasanya co yaaa...kalao murid ce tulisannya jelek...memalukan....

Anonim,  21 Oktober 2008 pukul 06.07  

saya sebagai murid/amak sekolahan merasa,kebanyakan yg tulisannya bagus oragnya itu Rajin.'
Mungkin contohnya seperti saya,hehehehe

Followers

BAGI SISWA SMAGRISA, JANGAN LUPA POSTING ARTIKEL KALIAN KE BLOG MASING-MASING, KARENA ARTIKEL TERBAIK DALAM SETIAP BULAN AKAN MENDAPATKAN BINGKISAN MENARIK. SETELAH POSTING ARTIKEL JANGAN LUPA MELAPORKANNYA LEWAT SHOUTBOX BLOG INI.

Backlink Award

  ©Template by Dicas Blogger.