zwani.com myspace graphic comments

04 Maret 2009

Microsoft Luncurkan Browser Pencari Multiprinsipal

Tim Riset Microsoft belum lama ini mengumumkan peluncuran Microsoft Gazelle. Microsoft Gazelle merupakan sebuah browser pencari dengan arsitektur terbaru dengan kemampuan multiprinsipal.

Aplikasi browser merupakan sebuah aplikasi yang pada mulanya digunakan para pengguna untuk mengunjungi halaman situs statik. Seiring dengan perkembangan kemajuan internet yang berevolusi menjadi tempat yang dinamis, browser seolah-olah menjadi sebuah sistem yang operasi yang mendayagunakan sumber daya yang sama untuk berbagai situs yang tidak saling mempercayai (masing-masing situs disebut prinsipal). Saat ini tidak ada browser di dunia termasuk browser berarsitektur baru seperti IE8 dan Google Chrome yang memiliki arsitektur multiprinsipal.


Gazelle diciptakan dengan tujuan utama tercipta sebuah browser dengan tingkat sekuriti tinggi untuk menjelajah aplikasi-aplikasi berbasis web di seluruh penjuru internet. Pada dasarnya, Gazelle berusaha membuat browser menjadi sistem operasi yang lebih aman dengan melindungi prinsipal (situs) dari satu sama lain dengan memisahkan sumber daya yang digunakan ke dalam domain mereka masing-masing. Semua pertukaran informasi antara dua prinsipal harus dilakukan melalui kanal yang dijembatani oleh kernel browser.

Sebelum adanya Microsoft Gazelle, telah ada Google Chrome yang dapat memisahkan semua sumberdaya situs ke dalam proses masing-masing. Namun, arsitektur Chrome dengan arsitektur di Gazelle memiliki dua perbedaan utama:

1. Chrome menganggap semua situs/aplikasi dengan domain yang sama sebagai satu principal jadi contohnya mail.google.com dan docs.google.com akan dianggap sebagai satu kesatuan. Sedangkan Gazelle menganggap dua aplikasi yang berbeda ini sebagai prinsipal masing-masing.

2. Saat sebuah situs, contohnya igoogle.com menanamkan konten dari situs lain, seperti contohnya konten dari youtube.com dalam sebuah iframe, Chrome akan menempatkan keduanya ke dalam sebuah principal yang sama. sedangkan Gazelle akan menempatkan pada prinsipal yang berbeda.

Tim riset Microsoft mengatakan bahwa prototipe Gazelle telah berhasil menelusuri 19 dari 20 situs terpopuler berdasarkan statistik Alexa, tetapi mengakui bahwa kinerja prototipe tersebut hanya "biasa saja." Laporan yang dipublikasikan tim riset tersebut juga menjelaskan perbandingan arsitektur sekuriti Gazelle dengan beberapa browser lain. Apabila tertarik dengan teknologi browser dan sekuriti, hasil riset tersebut cukup menarik untuk dibaca. (dari berbagai sumber/OL-02)

Sumber : www.media-indonesia.com

0 komentar:

Followers

BAGI SISWA SMAGRISA, JANGAN LUPA POSTING ARTIKEL KALIAN KE BLOG MASING-MASING, KARENA ARTIKEL TERBAIK DALAM SETIAP BULAN AKAN MENDAPATKAN BINGKISAN MENARIK. SETELAH POSTING ARTIKEL JANGAN LUPA MELAPORKANNYA LEWAT SHOUTBOX BLOG INI.

Backlink Award

  ©Template by Dicas Blogger.