zwani.com myspace graphic comments

30 Januari 2009

Membuat Efek Hujan Dengan Adobe Photoshop

Artikel ini saya ambil hasil dari jalan-jalan ke blog mas Genial (http://gr4fis.blogspot.com) saya tertarik dengan artikel beliau yang satu ini karena kebetulan materi tentang desain grafis berbasis bitmap ini sedang saya ajarkan dikelas XII semester II, yaitu dengan menggunakan progam aplikasi Adobe Photoshop. Artikel berikut ini adalah bagaimana cara membuat efek hujan pada foto. Selamat membaca, terutama bagi siswa kelas XII SMA PGRI 1 Banjarbaru.


Langkah pertama
Angkat Jemuran anda di luar... siapa tau nanti malam hujan lagi seperti yang sudah-sudah. Bawa masuk, atau maling jemuran yang akan membawa masuk jemuran anda, ke rumah mereka tentunya dan bukan ke lemari anda... so, benahin deyh biar rapi...

Langkah kedua
Kunci pintu rumah anda selagi anda mulai mencoba pembelajaran kali ini, nyalakan komputer temen-temen, gk usah bawa kopi sama roko' karena ini hanya sebentar, des des des jadi! Gampang ko'...

Langkah ketiga
Buka Photoshop seperti biasa, bukan Corel, tapi kalau temen-temen maksa buka Corel, ya gpp buka aja, tapi cuma buat diliatin aja kan?!?!??! Heheheh... Selanjutnya...

Langkah keempat
Buka sebuah gambar (gambar apa aja asal jangan bokep, pink) ...cari amannya aja, pink). Gunakan gambar yang ukurannya kecil aja biar maaak nyus..

Di sini saya gk mempergunakan gambar apa-apa... yuu maree kita sama-sama blind tutorial... hahahahha... the one and only neyh... seeepp dahh..

Langkah kelima
Buat Layer Baru diatas Layer gambar anda. Pilih warna Abu-abu gelap buat Foregroundnya, gunakan Paint Bucket Tool (G), saya mempergunakan warna #5a5a5a, terserah temen-temen yang penting jadi nuansa gelap ketika hujan turun, OK.

Langkah keenam
Pilih Filter > Noise > Add Noise. Biarkan settingan default yang kita pakai, klik OK. Lalu pilih Filter > Blur > Motion Blur, gunakan kekuatan imaginasi temen-temen untuk mengatur parimeternya... OK saya bocorin deyh.. saya memakai Angle -51, Distance 10 px

Langkah ketujuh
Ubah opsi Blending menjadi Overlay (defaultnya Normal tentunya, pink). Turunkan Opacity dari 100% menjadi 48%

Langkah kedelapan

Pilih Image > Adjustment > Level kira-kira aja sendiri deyh sampai terlihat kalau hujan sedang turun pada image temen-temen. OK.

Langkah kesembilan
Angkat pantat pegel temen-temen menuju dapur, baru kita ngopi sama-sama karena seyogyanya kerjaan kita sudah .............(drummrolls)............ ..selesai.. ehhehehehh... gmn? gimana dengan blind tutorial kita kali ini? Temen-temen dapet apa yang saya maksud???

0 komentar:

Followers

BAGI SISWA SMAGRISA, JANGAN LUPA POSTING ARTIKEL KALIAN KE BLOG MASING-MASING, KARENA ARTIKEL TERBAIK DALAM SETIAP BULAN AKAN MENDAPATKAN BINGKISAN MENARIK. SETELAH POSTING ARTIKEL JANGAN LUPA MELAPORKANNYA LEWAT SHOUTBOX BLOG INI.

Backlink Award

  ©Template by Dicas Blogger.