zwani.com myspace graphic comments

12 Januari 2009

Solusi Jika Jika Friendster Anda Kena Hack

Sumber : http://www.mata-maya.com

Tulisan ini dibuat karena banyaknya email yang masuk ke penulis, dimana kebanyakan isinya adalah permintaan tolong karena account FS di hack oleh hacker nakal. Kalau dipikir-pikir kok Matamaya Studio jadinya tempat konsultasi FS yach…, tapi tidak apa-apa saya akan membantu sesuai dengan apa yang saya bisa.


FS yang kena hack umumnya disebabkan karena keteledoran penggunanya sendiri, misalnya saja mereka lupa untuk melakukan logout, hal tersebut sepele tetapi jika Anda mengakses friendster di tempat umum(warnet atau lab) tentu akan patal akibatnya.
Tetapi ada juga yang menggunakan metode social engineering, biasanya mereka mereset password pada email dengan menggunakan fasilitas forgot password, jika beberapa pertanyaan keamanan berhasil di jawab maka si hacker tentunya akan berhasil masuk ke account email korban. Sesudah berhasil bisa mengakses email maka langkah berikutnya adalah mereset password yang ada di FS, tentu saja email reset tersebut akan diketahui sebab si hacker sudah bisa mengakses email, sesudah itu si hacker akan bebas mengacak-ngacak FS kamu.
Metode lain yang biasanya digunakan adalah dengan melakukan pencurian cookies, cookies yang sudah terenkripsi(teracak) biasanya di deskripsikan ulang agar data sebenarnya bisa diketahui.
Cara lain adalah dengan menggunakan halaman login palsu yang dikirim ke korban.
Bisa juga dengan mengirimakn testi berupa file flash yang sudah disusupi script jahat.
Pokoknya caranya banyak dech….

Untuk itu ada bebera hal yang harus dihindari:
1. Jangan menampilkan email secara lengkap, kalau bisa cuma nama panjang saja. alamat email adalah celah(hole) yang sering kali tidak disadari menjadi metode social engineering oleh para hacker.

2. Jangan telalu mengumbar profil pribadi kita, kalau bisa soal tanggal kelahiran jangan di publikasikan atau mending dibuat beda, sebab ketika proses reset password di layanan email nantinya akan ditanyakan tanggal kelahiran, si hacker yang cerdik tentunya akan mempelajari atau melihat hari ulang tahun(dengan perkiraan umur dan hari ulang tahun), hal ini bisa diketahui misalnya dengan ucapan selamat ulang tahun. dari teman-teman.

Jika memang sudah terlanjur kena hack gampang kok ngatasinnya.
cara yang terbaik adalah dengan mengirimkan email ke admin atau webmaster Friendster, melalui alamat : help@friendster.com.
Email tersebut isi dengan pemberitahuan atau pengaduan bahwa FS yang Anda gunakan di hack orang lain(tentunya dalam bahasa inggris ya,,,).
Sertakan alamat FS yang kena hack.
Email Anda yang lama(sebelum kena hack),
Password(sebelum kena hack)
Nama pendek dan nama panjang Anda.
Kalau perlu sertakan nomor KTP/SIM/Paspor>
Sertakan alamat email baru untuk login.
Nantinya pihak FS akan memvervikasi data yang dikirim, jika berhasil(disetujui, ditanggapi) maka FS tersebut akan di suspended user.

Agar pihak FS lebih percaya Anda bisa menceritakan kronologis ceritanya dan kalau memang ada gunakan email yang berbayar atau selain email yahoo, gmail, hotmail.
Untuk mengembalikan FS yang kena hack memang bukan perkara mudah, sebab jika hackernya cerdik dia akan mengubah berbagai identitas pemilk account yang asli, kecuali mungkin jika si hacker hanya mengubah passwordnya tanpa mengubah info-info penting yang dimiliki korban.
Saran kami, selalu mawas diri jika Anda menggunakan FS, sebab banyak para hacker usil yang sebenarnya pintar cuma tidak pintar dalam menggunakan ilmunya.

0 komentar:

Followers

BAGI SISWA SMAGRISA, JANGAN LUPA POSTING ARTIKEL KALIAN KE BLOG MASING-MASING, KARENA ARTIKEL TERBAIK DALAM SETIAP BULAN AKAN MENDAPATKAN BINGKISAN MENARIK. SETELAH POSTING ARTIKEL JANGAN LUPA MELAPORKANNYA LEWAT SHOUTBOX BLOG INI.

Backlink Award

  ©Template by Dicas Blogger.